Pages

Welcome >>> Hi >>> selamat datang semoga bermanfaat

Sunday

Menuju Absolute finacial freedom

          Sebelum membahas bagaimana semua orang bisa kaya, kita harus sepakat terlebih dahulu mengerti definisi kaya. Kaya adalah relatif. sebagian orang merasa kaya ketika mempunyai uang sepuluh juta rupiah. Sebagian orang merasa tidak kaya walaupun sudah memiliki uang sepuluh miliar rupiah. Menurut majalah Forbes orang kaya adalah mereka yang sekurang-kurangnya mempunyai penghasilan 1 juta dollar Amerika setahun.

Robert T. kiyosaki memiliki pendapat lain. Dia mengutip dari gurunya Buckminster Fuller dan mengatakan bahwa orang kaya tidak diukur dari berapa besar active income. Orang disebut kaya apabila passive income-nya lebih besar daripada biaya hidup. Yang dimaksud passive income disini adalah uang yang masuk tanpa harus bekerja.

         Sebagai ilustrasi dikemukakan Mike Tyson. Dia menghasilkan US$ 300 juta sewaktu bertinju, tapi ditahun 2001 dia menyatakan bangkrut dan lasih punya utang sebesar us$ 35 juta. karena itu, Mike Tyson tidak digolongkan sebagai orang kaya. Termasuk pula dalam kategori orang yang tidak kaya adalah orang-orang yang punya penghasilan US$ 1 juta setahun namun pengeluarannya US$ 1,2 juta setahun.

              Anthony Robbins mempunyai pendapat lain lagi, baginya ada 6 tahap, yaitu   :


  1. Financial Protection adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai cukup uang untuk memenuhi pengeluaran bulanan minimum, untuk 2 bulan sampai 24 bulan tanpa harus bekerja.
  2. Financial Security adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan dibawah ini tanpa ahrus bekerja lagi, kecuali bila kita memilih untuk bekerja. Kebutuhan tersebut adalah  :   1). angsuran rumah, 2). biaya makan, 3). listrik,  4).transportasi   5). asuransi,  6). pajak ( contoh : pajak bangunan).
  3. Financial Vitality adalah seuatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan pada tingkat Financial Security melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan dibawah ini, tanpa harus bekerja, kecuali bila kita memilih untuk bekerja. kenutuhan tersebut adalah : 1). Pendidikan,  2). kebutuhan hiburan dan entertainment ( minimal 50% dari yang kita nikmati sekarang ). 3). membeli baju baru atau satu-dua barang mewah yang masuk akal.
  4. Financial Independence adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup persis dengan gaya hidup kita yang sekarang, tanpa harus bekerja lagi seumur hidup kita. Dengan kata lain kita bebas tidak bekerja.
  5. Financial Freedom adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan.
  6. Absolute Financial Freedom adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan karena itu kita yakin bahwa kita bisa melakukan secara nyata apapun yang kita inginkan, kapanpun kita inginkan, kemana pun kita inginkan, dengan siapapun kita inginkan, sebanyak dan selama yang kita inginkan, dalam cara yang membuat kita dan orang lain berdaya, selamanya.

                         Saya pribadi sepakat bahwa definisi kaya adalah mempunyai passive income besar daripada gaya hidup yang kita inginkan. Passive income yang kita inginkan seperti ini bisa kita capai dengan cara yang lambat, juga bisa kita capai dengan cara yang cepat. Untuk mendapatkan passive income dengan cara yang cepat, kita tidak perlu mengharapkan punya income yang besar ( massive income ) karena kalau kita mempunyai massive income, kita lebih cepat mencapai passive income. Karena itu, dalam buku ini, apabila saya bicara mengenai, "bagaimana kaya dengan cepat" berarti " bagaimana kita mendapatkan massive income". sedangkan apabila saya katakan " bagaimana kaya aman" yang saya maksudkan adalah " bagaimana kita mendapatkan passive income".

Bagaimana menjadi kaya dengan cepat dan aman adalah kebalikan dari kenapa orang yang tidak kaya yang sudah dibahas ebelumnya yaitu :


  1. memiliki keyakinan yang benar dan bulat untuk menjadi kaya.
  2. Menentukan tujuan yang jelas dan mantap.
  3. Yakin agar kita mampu mencapai tujuan.
  4. Merasa harus mencapai tujuan kita.
  5. Memiliki strategi-strategi yang terbukti membatu kita jadi kaya dengan cepat dan aman.
  6. Mengetahui dan menggunakan jalur yang alamiah dan mudah bagi kita.
  7. Membuat rencana yang realistik.
  8. Melakukan tindakan sesuai dengan rencana.
  9. Melakukan monitor dan peka.
  10. Bertanggung jawab untuk terus belajar dan bertindak.

Kita akan bahas hal diatas satu persatu....


No comments:

Post a Comment