Pages

Welcome >>> Hi >>> selamat datang semoga bermanfaat

Saturday

Menetapkan Tujuan yang jelas dan Mantap

            Aktivitas tidak sama dengan produktivitas. Dalam hidup ini kita sering kali mengabaikan apakah yang kita lakukan merupakan aktivitas ataukah produktivitas. Kita sering terjebak dalam aktivitas, tanpa produktivitas, karena kita tidak menentukan tujuan yang jelas dalam hidup kita.


Prinsip dalam menentukan tujuan :


  • dalam kata-kata positif
  • spesifik
  • tertulis


Tujuan harus Dirumuskan Secara Positif


          Tujuan atau goal harus dirumuskan dalam kata-kata positif, karena otak bawah sadar kita yang paling dalam tidak mengenal kata " tidak".

Ketika ditanya, " Apa tujuan Anda?", perkiraan kasar saya 70% dari orang yang kita tanya akan kebingungan, karena mereka tidak punya tujuan; 20% mempunyai tujuan, tapi dirumuskan dalam kata-kata negatif; dan hanya sekitar 10 % yang mempunyai goal dalam kata-kata positif.

Ketika orang mempunyai goal dalam kata-kata negatif --Seperti," Saya tidak mau miskin dan tidak mau gagal"--apa yang terjadi? Orang tersebut malah menjadi miskin dan gagal. Dalam seminar sering kali saya memberi contoh dengan menyuruh orang untuk menutup mata dan saya mengatakan, " Bapak ibu tidak boleh membayangkan, jangan membayangkan, dilarang total membayangkan, sama sekali tidak boleh membayangkan.....seekor gajah!, Apa yang terjadi? Semua peserta malah membayangkan gajah. Sekarang anda coba menutup mata dan jangan sekali-kali membayangkan gajah!.

Karena itu, goal harus dirumuskan dengan kata-kata yang positif. dan lebih bagus lagi dalam bentuk kata-kata " Sudah" dan tambahkan kata-kata positif secara emosi.  Contoh     :


  • Dengan gembira dan sangat senang hati saya......( tulis nama anda) sudah mempunyai penghasilan.....( tulis penghasilan yang Anda inginkan) per bulan, sejak tanggal.....( tulis tanggal yang anda inginkan)."
  • "Dengan gembira dan senang hati serta semangat yang luar biasa, saya sudah pindah rumah baru seluas....( tulis luas yang Anda ingingkan), di lokasi.....( tulis lokasi yang Anda inginkan), sejak tanggal.....(tulis tanggal yang Anda ingingkan)."


Tujuan Harus Spesifik



Ketika mau tidur pernahkan Anda mengatakan, " Besok aku bangun jam 5 pagi!" dan ternyata besok pagi tanpa melihat jam, Anda bangun tepat jam 5 pagi!". saya dan banyak orang mengalami hal seperti itu. Hal ini bisa terjadi karena otak bawah sadar kita tetap bekerja, walaupun kita tidur. Otak bawah sadar ini selalu mengejar tujuan dan tidak membantah bila tujuannya spesifik, jelas dan mantap.


No comments:

Post a Comment