Pages

Welcome >>> Hi >>> selamat datang semoga bermanfaat

Sunday

Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan



Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri dan dapat dibuat dari susu apa saja, bahkan susu kacang kedelai. Yoghurt mengandung probiotik, bakteri baik yang membantu proses pencernaan. Tak hanya enak, ternyata yoghurt juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui.

Berikut manfaatnya  yang dikutip dari berbagai sumber : 
1. Meremajakan wajah
Tidak perlu biaya mahal untuk merawat kulit agar terlihat sempurna. Yogurt mengandung asam laktat, yang merupakan komponen dalam prenting bahan kimia untuk pergantian kulit.




"Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan menyebabkan perubahan warna, bahkan dapat mengurangi kerutan-kerutan halus," kata dermatolog, Hema Sundaram, MD.


Caranya sederhana: Campurkan 1 cangkir yoghurt Yunani dengan 2 - 3 tetes minyak almond atau minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 - 30 menit, lalu bilas dan keringkan. Hasilnya, kulit wajah akan lebih bercahaya



2. Pembersih yang ramah lingkungan
"Perabotan dari kuningan dapat berkilau kembali menggunakan yoghurt. Asam laktat-nya juga berfungsi menggerogoti kotoran," kata pakar lingkungan, Annie Bond, penulis buku 'Better Basics for the Home'.



Untuk membuat barang kuningan terlihat baru lagi, gunakan teknik pembersihan yang diajarkan Ms. Bond. Usap seluruh bagian dengan kain basah, lalu tuangkan beberapa sendok makan yogurt ke kain bersih dan gosokkan ke permukaan perabot sampai mengkilap.



Lap sisa-sisa yoghurt, cuci dengan sabun dan air panas, dan kilapkan dengan kain bersih untuk melihat seberapa berkilaunya perabot kuningan tersebut.



3. Membantu pencernaan
"Yoghurt dapat membantu masalah perut. Probiotik (jenis bakteri yang menguntungkan) terkandung dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus dan dapat membantu pencernaan serta menjaga tubuh tetap fit," kata Robin Plotkin, RD, ahli kuliner dan gizi.



Untuk mendapat manfaatnya, pastikan yoghurt mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (colony-forming units atau CFUs) probiotik hidup. Informasi ini biasanya tersedia di situs-situs merk Yoghurt terkenal.



4. Menjaga jantung tetap sehat
"Yoghurt juga baik untuk jantung sebab rendah lemak, bahkan bebas lemak. Mengonsumsinya dapat membantu menurunkan risiko terserang tekanan darah tinggi," kata Alvaro Alonso, MD, PhD, profesor di University of Minnesota Sekolah Kesehatan Masyarakat.



Protein khusus dalam susu mengatur tekanan darah, kadar kalsium, magnesium, potasium, dan menyebabkan efek penurun tekanan darah.



5. Mencegah hipertensi
Alasan sehat lainnya untuk rutin mengonsumsi yogurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yogurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.



6. Mencegah Osteoporosis
Salah satu upaya pencegahan osteoporosis adalah dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi secara teratur. Yoghurt dapat dijadikan sebagai pilihan utama untuk dikonsumsi. Hanya dengan mengkonsumsi yoghurt sebanyak 200 cc, dua kali per hari, kebutuhan kalsium tubuh dapat terpenuhi sebanyak 600 mg.



7. Mengatasi Jerawat 
Mengkonsumi yoghurt ternyata berkhasiat membantu mencegah terbentuknya jerawat dari dalam.karena yogurt mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan asam dari yoghurt merupakan asam alami yang efektif untuk mengurangi penyumbatan minyak pada pori-pori.



Dan, tidak perlu khawatir jika anda tidak suka rasa yogurt , karena anda bisa mengakalinya dengan menggunakan masker yogurt yang akan meredakan jerawat dari luar. 



8. Menjaga Kehalusan dan kelembutan kulit 
Yogurt juga mengandung probiotik yang membantu sistem pencernaan untuk berfungsi dengan lebih baik sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan maksimal. Karena itu, konsumsi yogurt bersama dengan diet makanan yang tinggi vitamin, mineral dan protein akan membuat kulit terjaga kehalusan, kelembutan dan elastisitasnya.



Fungsi lain dari Yoghurt adalah menurunkan kadar kolesterol,), mengatasi keputihan dan infeksi jamur, mencegah kanker, menyegarkan pernafasan, melangsingkan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan gairah seksual dan menjaga kesehatan ibu hamil.
( sumber : Dunia Kita ).
Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment